Senin, Juli 06, 2009

Antara Nofollow dan Dofollow

Mungkin itulah sedikit pertanyaan yang terbesit di benak para blogger yang memang sama sekali belum mengetahui apa itu nofollow dan dofollow. Memang..pada dasarnya, saya juga tidak tau persis arti sebenarnya dari nofollow dan dofollow itu. Tapi disini saya hanya akan mencoba sedikit menjelaskan maksud dari nofollow dan dofollow bagi anda yang sama sekali belum tau.


Nofollow


Nofollow merupakan suatu atribut yang digunakan pada suatu link atau tautan. Fungsi dari tag nofollow ini adalah untuk memerintah spider mesin pencari agar untuk tidak mengidentifikasi link yang memakai tag tersebut, sebagai bagian dari link yang ada pada suatu blog / web. Fungsi lain dari tag nofollow ini yang memang bisa dikatakan penting adalah untuk menjaga nilai Pagerank suatu blog. Karena jika attribut nofollow ini dihilangkan, maka setiap link yang ada pada blog / web akan dianggap link yang sah oleh mesin pencari. Yang menjadi masalah adalah, jika semua link dianggap sah oleh mesin pencari, bisa jadi blog / web tersebut dianggap link farm (peternakan Link). Sehingga nilai Pagerank blog / web tersebut akan menjadi turun / anjlok.

Dofollow


dofollow adalah kebalikan dari nofollow. Tag dofollow ini, bisa dikatakan sebagai suatu cara untuk membagikan pagerank blog / web kepada yang lain. Dengan kata lain, suatu blog yang menggunakan tag dofollow adalah jalan untuk meningkatkan pagerank. Intinya…tag dofollow ini berfungsi untuk memerintah mesin pencari agar menjadikan link yang memakai tag tersebut sebagai link yang sah (backlink).

Setiap blog baik yang menggunakan blogger atau wordpress, defaultnya menggunakan tag nofollow pada setiap komentar yang masuk. Mungkin…hal ini sengaja diterapkan agar mencegah spam dari setiap komentar yang masuk. Namun..tidak ada larangan sama sekali bagi pemilik blog untuk mengubah tag tersebut menjadi dofollow. Dengan maksud ingin membagikan backlink gratis kepada setiap komentar yang masuk. Tapi…sebelum anda mengubahnya menjadi dofollow, ada baiknya anda berpikir dulu dengan matang akan kerugian dan keuntungan yang bisa didapat. Masalah kerugian anda mungkin sudah mengetahuinya karena saya telah menuliskannya diatas. Nah..jika bicara masalah keuntungan apabila anda menggunakan tag dofollow di blog anda, maka siap-siap aja menerima banyak komentar.

So…pilih dofollow atau nofollow…….!!?


Artikel Terkait:

Comments :

4 komentar to “Antara Nofollow dan Dofollow”

Dinda Watson mengatakan...
on 

Salam kenal kak...
Kalau saya lebih memilih NoFollow, selain menjaga page rank saya juga tidak membuat komentator menjadi spammer. Kalau komentar banyak nan bermutu oke oke saja deh

Evil_septian mengatakan...
on 

@Dinda Watson
Salam kenal juga...
Iya juga tapi demi komentar ajar terkenal dulu saya do follow setelah itu no follow

Kuliah Gratis mengatakan...
on 

Karena di sini dofollow aku jadi seneng nih disini

Nothing Impossible

salam kuliah Gratis

Evil_septian mengatakan...
on 

@Kuliah Gratis
Makasih, btw aku pengen tuker link bisa g ya???

Posting Komentar

Saya Akan Sangat Menghargai Jika Komentar Yang Anda Kirim Bukanlah SPAM.