Minggu, Juni 28, 2009

Backlink, Penembus Google PageRank

Barusan, baru saja saya membuat backlink dengan mas aR_eRos ( backlink khusus di postingan ini ) karena mozila saya versi beta, terpaksa menggunakan opera *sama'' ancur aja* untuk dapet backlinknya.

Baru kali ini saya lihat blog hanya tampil Sidebar kanan saja di blog mas aR_eRos, fuih opera-opera, kenapa kau ini, tapi tak apalah kini ku kembali menggunakan Rubah Api (Firefox) lagi, saya sangat bersyukur, bagi saya, ini adalah awal mendapatkan google PageRank, kalau AlexaRank itu sih bukan masalah (Tapi sih Dengan Black SEO)

Ohh PR, Oh RP, ups salah
Ohh RP, Oh PR, wew masih salah juga yah cape deh
Ohh RP, Oh RP, weleh ini jadi lebih parah
Ohh PageRank, Oh PageRank, saya akhirnya benar dalam mengejanya haha *kaya anak kecil aja*

Oke deh, jangan basa - basi lagi sekarang kita jelasin nih apa itu Google Page Rank

Google PageRank

sebenarnya adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer.

PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

PageRank Mulai Terkenal semenjak hadirnya situs'' bisnis internet yang anjlok membuat persyaratan agar blog sang member haruslah memiliki Pagerank ,contoh : 2

Cara kerjanya sangatlah mudah, yaitu Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10.

Contoh: Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil, hingga batas terakhir.

Nah untuk Agloritmanya saya mengambilnya dari Wikipedia

Dari pendekatan yang sudah dijelaskan pada artikel konsep pagerank, Lawrence Page and Sergey Brin membuat algoritma pagerank seperti di bawah :


Algoritma awal PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )


Salah satu algoritma lain yang dipublikasikan PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )


   * PR(A) adalah Pagerank halaman A
* PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
* C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
* d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
* N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindex oleh google)

Dari algoritma diatas dapat dilihat bahwa pagerank ditentukan untuk setiap halaman anda bukan keseluruhan situs web. Pagerank sebuah halaman ditentukan dari pagerank halaman yang mengacu kepadanya yang juga menjalani proses penentuan pagerank dengan cara yang sama, jadi proses ini akan berulang sampai ditemukan hasil yang tepat. Akan tetapi pagerank halaman A tidak langsung diberikan kepada halaman yang dituju, akan tetapi sebelumnya dibagi dengan jumlah link yang ada pada halaman T1 (outbound link), dan pagerank itu akan dibagi rata kepada setiap link yang ada pada halaman tersebut. Demikian juga dengan setiap halaman lain “Tn” yang mengacu ke halaman “A”. Setelah semua pagerank yang didapat dari halaman-halaman lain yang mengacu ke halaman “A” dijumlahkan, nilai itu kemudian dikalikan dengan damping factor yang bernilai antara 0 sampai 1. Hal ini dilakukan agar tidak keseluruhan nilai pagerank halaman T didistribusikan ke halaman A.



Salah satu usaha untuk meningkatkan Google PageRank adalah Backlink, semakin banya backlink yang masuk ke Website kita, maka semakin besar nilai Google PageRank yang kita dapatkan.

Untuk Sementara itu dulu, berhubung google PageRank kini update maka artikel mengenai Google PageRank akan sangat banyak Dicari.

Artikel Terkait:

Comments :

3 komentar to “Backlink, Penembus Google PageRank”

DuniaPiyen mengatakan...
on 

rumusnya bikin mumet.....

iskandaria mengatakan...
on 

Hmm, baru tau nih perhitungan detailnya. Thx ya.

Evil_septian mengatakan...
on 

@DuniaPiyen

Mumet bagaimana? diatas saya sudah jelaskan semuanya

@iskandaria

Sama-sama, salam kenal ya...

Posting Komentar

Saya Akan Sangat Menghargai Jika Komentar Yang Anda Kirim Bukanlah SPAM.